Diari Skripsi Bag. 5: Semalam(an) Bersama Subjek

Original Source: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/206/Diari-Skripsi-Bag.-5-Semalaman-Bersama-Subjek

Mar 18, ’11 1:10 AM

Ada satu kesalahan yang tidak mau kuulangi lagi. Kali ini tentang subjek penelitian. Dalam penelitian, hal penting yang harus benar-benar kau persiapakan adalah subjek penelitian: cari siapa, temui, dan ambil data. Apakah itu cukup? TIDAK.
Beberapa kali aku pernah ditanya oleh adik kelasku, “Mbak, enak yang mana, penelitian kualitatif atau kuantitatif?” Kujawab normatif saja bahwa susah mudahnya skripsi itu tergantung diri mahasiswa itu sendiri. Apakah penelitian kualitatif maupun kuantitatif, keduanya memiliki bobot yang sama, sama-sama mudah dan sama-sama sulit.
Kalau penelitian kuantitatif, sulitnya mungking di bagian awal karena mahasiswa perlu mempersiapkan instrumen penelitian, berupa skala psikologi. Berdasarkan pengalamanku ikut kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi, pembuatan instrumen penelitian tidak gampang. Kau harus menemukan teori yang tepat dan menurunkannya dalam bentuk indikator-indikator perilaku. Kau butuh melakukan uji coba sampai skala psikologi benar-benar tidak ada yang gugur sehingga siap diterjunkan. Setelah data diambil, entry data ke dalam SPSS, dan jreeeeng… muncul angka-angka! Itu, hasil penelitianmu sudah keluar.
Dalam penelitian kualitatif, lain lagi ceritanya. Persiapan teori penting, tetapi tidak sangat penting seperti di penelitian kualitatif. Teori yang ada “hanya” membantumu untuk membuat daftar pertanyaan untuk diajukan kepada subjek penelitianmu. Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang minimal subjeknya 30 orang, penelitian kuanlitatif boleh hanya satu orang. Tetapi, ada hal yang harus diwaspadai. Apakah itu?
Kau tidak akan tahu ke mana arah pembicaraan dan bagaimana ia akan berakhir. Keingintahuanmu yang mengagumkan bisa menjadi bumerang jika kau tidak hati-hati dan abai terhadap fokus penelitian. Hasilnya adalah berupa hasil wawancara yang panjangnya bisa… luar biasa panjangnya. Dan itu artinya sangat luar biasa usaha dan kesabaranmu untuk membuat transkrip dari itu semua, sebelum akhirnya hasil tersebut bisa ditelaah, dicari maknanya, dan dibahas.
Karena hal di ataslah, pada malam ini, aku tidak bisa tidur. Subjek tidak secara fisik di hadapanku, tetapi suaranya memenuhi telingaku, rekaman maju mundur begitu membosankan. Sudah tiga jam berlalu dan baru sebelas menit rekaman yang berhasil ditranskipkan. Wawancara baru selesai sepertiganya. Sepertinya itu terdiri atas lima rekaman terpisah yang masing-masing durasinya sekitar 20-30 menit penuh kata-kata (karena si subjek sangat bersemangat bercerita). Bayangkan berapa banyak waktu dan usaha untuk membuat seluruh transkrip wawancara itu satu orang subjek saja? Dan aku merencanakan akan ada seorang subjek lagi!
Apakah 270 jam???!!! Itu berapa hari duduk di depan laptop? Apakah 11 hari???!!!
Tidak tidak tidak… Benar-benar pekerjaan yang luar biasa! Aku tidak mau mengulangi lagi kesalahan menunda pekerjaan mentranskrip seperti ini lagi. Sekalipun angka di atas hanyalah hitungan kasar, dengan sedikit kemalasan, angka-angka tersebut akan bertambah. Apakah ada cara yang lebih baik? Apakah ada alat yang bisa mengubah file suara menjadi kata-kata yang tertulis rapi? Mengapa dan mengapa, jawabannya selalu: alat itu adalah dirimu sendiri. Baiklah, aku bertekad tidak akan menunda pekerjaan lagi.
Inilah tantangan peneliti kualitatif ketika ia adalah instrumen pengumpul data dalam penelitiannya sendiri. Nah, bagi teman-teman yang akan melakukan penelitian kualitatif, semoga kita dapat mengerjakannya dengan rajin dan penuh kerja keras! Kekuatan semangat ingin segera lulus!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s