Bukan Hanya Kau yang Berpikir tentang Apa Itu Bahagia

Original source: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/271/Poetry-of-The-Week-Bukan-Hanya-Kau-yang-Berpikir-tentang-Apa-Itu-Bahagia

Jun 7, ’11 10:36 PM

Bukan Hanya Kau yang Berpikir tentang Apa Itu Bahagia
 
I
 
Jadilah, jadilah sesuatu
 
karena…
Kebaikan selalu diganjar meski tak kau minta balasan
Kemanfaatan selalu dicari meski tak kau buru peluang
Kebenaran selalu dihargai meski tak kau harap pengakuan
 
karena…
Demikianlah dunia diciptakaan,
sekalipun kau sedang menuju ke tempat yang lebih jauh
 
Kau boleh merasa seolah surga didekatkan
dan Dia tersenyum padamu
 
Maka, adakah kebahagiaan yang lebih dari itu?
Lalu, kau boleh menemukan jawaban yang lain. Jika dapat.
 
 
***
II
 
Kebodohan berkata bahwa
kebahagiaan itu rasa
sekadar rasa ketika harapmu terpenuhi dan tak tersisa kekosongan
dalam ruang keinginan
 
Aku bertanya mengapa…
 
Sungguh sebagian dunia terlihat indah
namun sungguh pula aku tak butuh banyak
 
Namun, ketika aku mengenali diriku,
dalam pengenalannya yang paling dalam,
mengapa aku benar tak mengenalinya?
 
Intuisiku beku dan aku mengaku:
Aku butuh banyak dan itu Engkau
Seduku gila ketika aku terus sesat,
sementara Engkau Melihat.
 
Mungkinkah bahagia itu ketika aku tak ingin yang lain?
Jika ya, apakah ia memang hanyalah rasa?
Aku tak tahu hakikatnya. Aku tak mengerti…
 
***
III
 
Perilaku bahagia
Perasaan bahagia
Pikiran bahagia
 
Benar, ini misteri.
 
Hati bahagia
Jiwa bahagia
Ruh bahagia
 
Apakah asal bahagia?
 
Benar, Dia-lah misterinya dan Dia Berkata sesuatu.
Bagian diri yang manakah yang tidak mengiyakan?
 
Gelegar pertarungannya saling bunuh dalam diri yang gelisah.
Ketidaktenangannya itu ketidakbahagiaannya,
jadi, sampai kapan?
 
***
IV
 
Semua orang berfilosofi:
Bahagia itu…
 
Tak ada yang merasa tak punya kuncinya,
sekalipun ini itu begini dan begitu,
sekalipun tak benar-benar tidak tahu.
 
Semua orang senang menjawabnya,
sekalipun hanya di sini (menunjuk dada).
 
Semarang, 7 Juni 2011
 
 

 

Leave a Reply

