How to Make An Essay

Original source: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/53/Topic-of-The-Week-Making-An-Essay

Membuat karya tulis ilmiah adalah isu besar sebagian besar mahasiswa. Berbeda dengan jenis tulisan lainnya, karya tulis ilmiah mengandung kompleksitas yang tidak semua mahasiswa tahan dengannya. Sayang sekali, pengabaian bahwa kemampuan menulis ilmiah itu penting  sangat tidak didukung dunia pendidikan. Karena mau tidak mau kita mahasiswa akan mengalami pengalaman membuat karya tulis ilmiah, semoga tulisanku berikut ini membantu teman-teman semua untuk tidak lari ketika harus berhadapan dengan tuntutan membuat tulisan bagus. Semangat!!!
 
Tulisan ini sebenarnya bukan asli berasal dari pikiranku. Terima kasih pada Mrs. Kendra Van Wagner dari http://www.psychology.about.com ^^.
 
BRAINSTORM
Hal pertama dan utama sebelum menulis adalah memilih topik tulisan. Kalau kita punya tema yang masih umum, kita perlu mempersempit fokus. Ada beberapa teknik brainstorm yang dapat membantu kita menentukan topik: mind mapping, menulis bebas, membuat list dan membuat tabel tentang ide-ide kita.
 
BROWSING INTERNET
Setelah kita menentukan topik, kita perlu menyempatkan diri melihat-lihat situs-situs di internet untuk mencari tahu apakah sumber-sumber yang kita butuhkan tersedia. Kita dapat mencari sumber dengan kata kunci berdasarkan topik kita atau dengan divariasikan. 
 
MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN
Cari buku-buku yang berhubungan dengan topik. Kita juga perlu mengakrabkan diri dengan konsep dasar dan mencari informasi pada penulis atau peneliti dari topik yang kita pilih. Kalau kita sudah punya pemahaman umum mengenai topik, kita dapat dengan mudah mencari sumber-sumber tambahan, penelitian-penelitian, bahkan karya tulis lain yang sudah ada, yang mendukung tulisan kita.
 
GUNAKAN DATABASE ONLINE
Perpustakaan kini semakin canggih. Manfaatkan database online untuk membantu kita mengerjakan karya kita.
 
BUAT LIST REFERENSI PERMULAAN
Ketika kita sudah mengumpulkan begitu banyak sumber yang potensial, kita perlu membuat daftar referensi awal dari semua artikel, informasi online, buku, dan sumber-sumber utama lainnya yang mungkin akan kita gunakan dalam karya tulis. Gunakan saja sumber-sumber kita relevan, buang yang tidak digunakan, jangan asal menghubung-hubungkan informasi dengan topik.
 
KELOLA PENELITIAN KITA
Pembuatan karya tulis terkadang membuat kita butuh melakukan penelitian. Kita perlu mengelola wawancara, observasi, bahkan tes-tes jika diperlukan. Jika penelitian kita berjalan baik, penulisan karya kita akan lebih lancar.
 
BUAT OUTLINE
Setelah semua bahan tulisan terkumpul, kita perlu membuat outline atau kerangka karya tulis sebelum menuliskannya. Outline terbagi atas tiga bagian: pendahuluan, isi dan penutup. Pertama-tama, kita tuliskan informasi dasar sebagai alur pikiran, baru setelah itu kembangkan sesuai argumentasi atau ide yang kita miliki. 
 
BUAT DRAFT PERTAMA
Buat draft sesuai dengan outline, berisi gagasan-gagasan kita berdasarkan sumber yang kita miliki. Dalam membuat draft, segera cantumkan semua referensi apa yang kita pakai. Itu lebih baik daripada menundanya sampai akhir tulisan kita selesaikan.
 
KOREKSI TULISAN
Setelah draft selesai, kita perlu me-review apakah ada tulisan yang salah ketik, kata yang tidak tepat, gagasan yang kurang berkualitas, dan sebagainya. Kita perlu juga mencatat agar tidak lupa, bagian mana dari tulisan kita yang perlu direvisi.
 
REVISI, REVIEW DAN SIAPKAN TULISAN AKHIR
Terus perbaiki tulisan kita sampai final, ketika kita sudah merasa cukup. Jika ada masalah lain dari tulisan yang kita anggap penting tetapi kurang relevan untuk dimasukkan dalam tulisan, kita bisa menyimpan gagasan itu dalam tulisan lain sebagai pelengkap. Setelah selesai, minta tolong teman untuk me-review juga untuk kita.
 
Teman-teman semua dapat melihat penjelasannya yang lebih lengkap di alamat 
 
 
Selamat berprestasi!
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s