Takut

Original source: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/224/Poetry-of-The-Week-Takut

Apr 14, ’11 10:06 PM

Apa yang kutakutkan?
Kubayangkan masa depan dan aku takut pada ketidakpastian.
Seperti hendak ditelan gelombang lalu kembali kepermukaan mencari napas.
Kukenang masa lalu dan aku takut pada penyesalan.
Apa yang kubuang menghantui, aku terus melihat ke belakang.
Kuteguhkan diri di hadapan manusia dan aku takut mendengar jerit di mana-mana.
Aku di hadapan semesta yang mengalun…
Mengapa aku gamang… memutuskan lari, aku membatu.
Aku meringkuk, menutup mata dan telinga.
Tak ingin menghamba pada kebodohan, tapi aku memang bodoh.
Tak ingin menghamba pada kesakitan, tapi aku orang sakit.
Dan saat ini, aku takut aku bukan aku, semua orang bukan diri mereka.
Aku takut pada sandiwara ini.
Aku takut pada pikiranku. Takut pada perasaanku. Aku takut pada lakuku.
Aku menangis saja. Lagi-lagi, menangis saja.
Aku takut, mengapa aku takut?
Aku mengecil… aku hilang.
 
***
Menjadi manusia itu belajar, salah satunya belajar mengenali rasa takut. Emosi yang tak menyenangkan, bukan? Emosi yang tak menyenangkan, sayangnya ia benar-benar ada di dunia ini. Ia menguasai dan ketika kita terkuasai, kita mungkin tidak tahu apa yang akan kita lakukan. Apakah kita akan lari atau terpaku di tempat? Apakah kita akan menyerang atau menangis saja?
 
Tapi, bagaimana bisa emosi takut menjadi awal untuk sebuah kehati-hatian dan kebijaksanaan? Aku bertanya-tanya. Ini tentu bukan tentang ketakutan yang melumpuhkan. Memang ketakutan apa yang tidak melumpuhkan? Takut pada rasa takut yang sebenarnya membuat kita berjaga agar tidak takut? Mungkin. Mungkin…

Leave a Reply

