Aku Sabar

Original post: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/64/Note-of-The-Week-Hoho…-aku-mahasiswa-sabar.

Setiap hari “gila” memikirkan: kuliah, organisasi, kelurga, perjalanan pulang… Sampai pada suatu hari orang-orang bercerita kalau mereka juga “gila” memikirkan hidup. Yeah, ternyata aku tidak sendiri. Aku kemudian bangkit dan berseru, “Yes! Make up your mind!” Tidak ada gunanya meratapi cobaan hidup. Diratapi atau tidak, cobaan akan selalu menghampiri. Buat apa susah, ya? Sekalipun harus merasa susah, sebentar saja deh… Aku kemudian mengafirmasi diri: Aku mahasiswa sabar!
Tidak pernah aku secara khusus mempelajari tentang kesabaran. Sampai suatu hari seseorang menghampiriku dan meminta aku membuat sebuah artikel tentang motivasi belajar. Tidak dikira yang menulis ini ternyata juga punya masalah… Bagaimana aku membuat artikel yang akan menasihati orang lain sebelum aku menasihati diriku sendiri? Jadi, dalam menentukan topik, aku sibuk berefleksi bahwa aku juga orang stres terkait topik belajar, aku juga tukang ngeluh… apalagi baru minggu kemarin ditegur dosen gara-gara laporan tugas yang kacau. Siapa yang suka menghadapi dunia yang seakan-akan tidak adil, tidak menghargai, dan tidak tidak tidak lainnya? Gontai… kupandang langit yang luas dan… betapa hati yang lapang itu susahnya bukan main.
Kuputuskanlah menulis tentang bersabar menuntut ilmu. Artikel ini adalah wujud kritik atas diri sendiri. Bolehlah jadi mahasiswa dengan prestasi akademik tinggi. Bolehlah jadi aktivis yang tiap hari bertanggung jawab atas kelangsungan organisasi. Tapi, apa artinya itu jika kau tidak bersabar, meloloskan begitu banyak keluhan dari mulut, menghadapi orang lain dengan wajah kuyu tak bersemangat, kemudian merutuki diri… Gawat! Aku bisa bangkrut kalau begini.
Teman-teman, sadari ini atau kalian bisa mengalami kebangkrutan hidup. Segala macam keluhan: tugas banyak, malas ngampus, melembur buat proposal kegiatan, ditinggalkan rekan berusaha, dan segala macamnya, semua itu memang sudah ditetapkan Allah Swt untuk terjadi. Hidup ini memang gudangnya ujian dan cobaan. Yang kemudian kupahami adalah ketika kita sebagai manusia diberi kesempatan untuk mengalami ujian dan cobaan tersebut, itu berarti kita akan mampu mengatasinya. Allah Swt tidak menguji kita dengan masalah-masalah yang tidak mampu kita atasi, bukan? Yeah, sejak detik itu dan ini, aku meneguhkan tekad: Ayo bersabar! Jalani aturan main kehidupan seperti yang sudah Allah tetapkan. Bersusaha, berusaha. Ikhlas, ikhlas. Sabar, sabar. Tawakkal, tawakkal. Hitam, hitam. Putih, putih. Keberhasilan atau gagal bukan masalah lagi. Yang jadi masalah adalah kalau kita tidak bisa mengambil pelajaran hidup dari baik keberhasilan atau kegagalan itu.
Dengan berpikir begini, aku akan terus maju. Dengan berpikir begini, aku minta maaf kepada semua orang atau benda mati apapun yang menjadi korban pelampiasan ketidaksabaranku. Hoho… Menjadi mahasiswa sabar adalah prestasi batin tersendiri bagiku. Begitukah pula dengan teman-teman?
Alhamdulillah, Allah Swt Menyediakan surga bagi orang-orang yang sabar… Ayo kita kejar!
Akhir kata, ada hadist nabi yang begitu membuatku tenang saat ini. Rasulullah Muhammad Saw bersabda: “Amat mengagumkan keadaan orang mukmin. Semua yang dilakukan selalu baik, dan itu ada hanya pada orang mukmin. Jika memperoleh kesenangan, dia bersyukur. Sedangkan jika menghadapi cobaan dia bersabar, dan itu baik pula bagi dirinya.” (HR Muslim).
 
Ya Allah, semoga aku termasuk dalam golongan orang-orang yang sabar dalam berkarya… Menghiasi hidup dengan amalan terpuji… 
 
Kalian tahu teman-teman, ketika membaca hadist itu, tanpa mengetahui sosok Rasulullah yang sebenarnya, aku membayangkan beliau tersenyum ketika mengucapkan hadist tersebut. Reinforcement yang unik… Ayo, bersemangat! Sabar!

Leave a Reply

