Dunia Yahoo! Answer

Jan 25, ’11 12:08 AM

Ada banyak hal yang membuat kita belajar. Ambil saja satu dari dunia yang katanya maya, yaitu farum tanya-jawab yang tersebar di berbagai situs. Yang mungkin sudah kita semua kenal adalah Yahoo! Answer. Sebenarnya, aku tidak begitu tahu seberapa diandalkannya forum ini untuk membantu orang-orang menemukan jawaban atas permasalahannya. Namun, bagiku sendiri, aku benar-benar tahu, forum ini sangat membantuku belajar, bukan karena aku mendapatkan jawaban, tetapi karena akulah yang berusaha memberikan jawaban.
Aku lupa bagaimana awal perkenalanku. Tapi, sepertinya karena aku suka filsafat, makanya aku mencoba pertanyaan-pertanyaan dari rubrik filsafat. Karena aku belajar psikologi, aku mencoba pertanyaan-pertanyaan psikologi. Karena aku tertarik pada Islam, aku juga melanjutkan karierku di rubrik agama dan kepercayaan. Mengapa aku bisa bertahan? Yeah, prinsip behavioristik ternyata mempan untukku. Aku senang mengumpulkan poin dan ketika jawabanku menjadi jawaban terbaik, benar-benar merasa diri ini bermanfaat. Tetapi lebih dari itu, aku bermanfaat bagi diriku sendiri karena aku jadi belajar dan berjuang untuk menemukan jawaban.
Satu hal lagi yang aku cermati, terutama di rubrik Agama dan Kepercayaan, Yahoo! Answer Indonesia. Isinya perang agama dunia maya. Pernah kubandingkan dengan yang ada di Yahoo! England, entah mengapa bisa berbeda karakteristik. Di luar sana, pertanyaannya lebih serius, jawabannya juga serius. Di dalam negeri, mengapa banyak yang isinya caci maki, dan yang parah adalah antara Islam dan Kristen. Bukannya jawaban yang didapat, malah emosi yang meluap-luap dan masalah tidak selesai. Aku jadi mengenali beberapa stigma yang masih melekat pada Islam dalam pikiran banyak orang dan ini perlu diluruskan.
Dengan ini, aku mau menghimbau… sekiranya ada teman-teman pembaca yang punya kelebihan ilmu, terutama agama Islam… jangan enggan untuk mencoba aktif di dunia Yahoo! Answer. Banyak orang yang sudah jengah dengan perang ini. Kupikir jika ada dari kita yang bisa berkontribusi dengan memberikan jawaban yang baik tentang agama kita, bergabunglah. Semoga jawaban kita bermanfaat…

Leave a Reply

