I love life, life loves me: HAPPY 1ST ANNIVERSARY

Original post: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/141/I-love-life-life-loves-me-HAPPY-1ST-ANNIVERSARY

Oct 21, ’10 6:07 PM

Hari ini hari istimewa. Yang berulang tahun tidak hanya orang yang lahir tanggal 21 Oktober dan kabinet Pak SBY (hehe… yang ini tanggal 20 kemarin), tetapi juga blog-ku ini. Hahh… sangat terasa satu tahun sudah berlalu dan mari kita me-review sedikit apa yang berhasil kucapai dalam satu tahun belakangan:
Poin pertama yang kupelajari: Jangan remehkan keberadaan para pembaca! 
Para pembaca dapat berasal dari kalangan mana saja, dari yang pernah kau pikirkan sampai yang tidak kau bayangkan. Tetapi, yang mereka berikan kepada kita, berupa kunjungan-kunjungan singkat, sekalipun hanya melirik halaman depan… aku bersyukur😀. Salah satu alasanku menulis adalah karena mereka. Aku ingin mereka senang dari membaca tulisanku, dan aku semakin bersemangat menulis untuk kemudian tahu bahwa aku dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain! Terima kasih, para pembaca😀 I love you all. Kalianlah yang mendukungku untuk eksis di dunia maya ini.
Poin kedua yang kupelajari: Jadilah orang yang rendah hati dan tidak arogan untuk berbagi.
 
“Kau akan menerima karena kau memberi. Kau akan memberi karena kau menerima”. Ini motto sederhana yang menjadi semangatku untuk dengan senang hati mengunjungi “rumah” orang lain. Sedikit berbau teori social exchange, tetapi ini tidak masalah karena begitulah kodrat manusia hidup bersama orang lain. Jadi orang yang rendah hati maksudnya adalah sambutlah orang-orang yang datang dengan hangat, kalau perlu lakukan balasan kunjungan, mengucapkan terima kasih, dan ulurkan tangan persahabatan. Jadi yang tidak arogan maksudnya adalah jadikan tulisanmu sesuatu yang membuat orang nyaman dalam membacanya, layaknya di rumah sendiri, dan sebaiknya tidak menulis dengan cara yang membuat orang sulit memahamimu. Kita tidak ingin teralienasi, bukan? Jadi, bersikaplah yang merakyat, bahkan itu perlu sekalipun yang kau sampaikan sangat intelek.
 
Poin ketiga yang kupelajari: Menulislah TERUS!
 
Orang menulis dengan banyak alasan. Ada yang ingin mengaktualisasikan dirinya. Ada yang ingin A, B, dan C. Tapi, hal lain yang terus membuatku ingin menulis adalah: Aku ingin sembuh; dari stres, dari masalah, dari kebahagiaan atau kesedihan yang berlebihan. Bagiku, menulis adalah terapi. Memang, jika sedang emosional, tulisanku akan emosional. Jika sedang bersemangat, aku akan menulis dengan nada bersemangat. Jika sedang senang, akan ada banyak emoticon lucu. Lebih dari itu, ada proses menakjubkan yang terjadi selama prosesku menuangkan ide. Sekalipun aku sedang bad mood atau super happy mood, menulis membuatku berpikir dua kali, terutama tentang hidup, kebijaksanaan yang kudapat, berbagai hikmah, dan kesimpulan-kesimpulan menakjubkan. Cara berpikir dan menuangkan ide seperti membuatku tahu batasan untuk tidak terlalu berlebihan dalam menuangkan ide dan aspek emosionalnya. Menulis tidak hanya menjadi penghilang stres.
 
Poin keempat yang kupelajari: Terima kasih buku, kuliah, teman-teman, orang-orang, benda hidup, benda mati😀 dan para SUMBER INSPIRASI lainnya.
 
Tanpa banyak membaca, aku tidak dapat menulis. Tanpa ada apa yang kubaca, aku tidak dapat menulis. Tanpa ada kebaikan, aku tidak dapat menulis tentang kebaikan. Tanpa ada kesalahan, aku tidak dapat menulis tentang kesalahan dan mendapat pelajaran darinya.
 
Poin kelima yang kupelajari: Belajar menjadi penduduk dunia
 
Keajaiban internet membuat kita mengenal orang-orang dari belahan dunia yang lain. Jika kau nekad menjadi blogger, persiapkanlah dirimu menjadi warga dunia, baik-baik menjaga nama baik pribadi, keluarga, masyarakat, almamater, kota, negara, bangsa, dan agama. Jika Allah kehendaki, akan ada banyak orang yang mengetahui siapa kamu. Seeiring dengan berlalunya waktu akan ada banyak karya dan sahabat. Seiring dengan semua itu, kita harus semakin rajin meng-upgrade diri kita. Software-nya jangan seperti katak dalam tempurung lagi. Menjadi penduduk dunia yang baik dapat dicapai dengan terus menjaga jati diri, menghargai perbedaan, dan bertoleransi.
***
Hehe… review-nya terlalu banyak rupanya. 
 
Poin terakhir:
Per 20 Oktober 2010 aku berhasil membuat 139 tulisan.
Per 20 Oktober 2010 aku berhasil mendapatkan 61 orang teman dari berbagai penjuru dunia.
 
Tahun depan… tahun depan… Kita semua akan lebih baik! Aku akan lebih baik. Kau akan lebih baik. Dalam kuantitas maupun kualitas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s