Kabar dari Solo, Imamupsi 2010-2012

Original post: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/137/Seri-Psikologi-Islami-Bag.-2-Kabar-dari-Solo-Imamupsi-2010-2012

Oct 14, ’10 7:32 AM

Musyawarah Nasional Luar Biasa, Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi Indonesia (Munaslub Imamupsi) sudah berlalu, hampir sekitar tiga minggu yang lalu (25-27 September 2010). Aku belum mendengar kabar selanjutnya tentang apa dan bagaimana kami semua akan menjalankan visi. Tetapi, aku punya tanggung jawab untuk menyiarkan pada rekan-rekan pembaca sekalian, apa yang sebutulnya terjadi dan yang ingin kami perjuangkan.
Selamat Membaca!
***
Dari Mahasiswa untuk Psikologi Islam/i
Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, muncullah berbagai paradigma baru tentang disiplin-disiplin ilmu. Paradigma yang terbentuk dan tertanam dalam peta pikir seseorang akan menjadi landasan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Islam yang kita anut telah memberikan kita paradigma dan pedoman hidup lewat Al Quran dan As Sunnah. Islam telah ditetapkan Allah SWT sebagai agama yang sempurna dan diridhai. Ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW ini mengajarkan kita falsafah hidup, kemanusiaan, dan solusi atas berbagai permasalahan umat.
Yang kemudian menimbulkan ironi dan kekhawatiran adalah jika pola pikir Barat malah yang menjadi pedoman hidup dan ideologi kita, umat Islam. Hal tersebut terlihat dari perkembangan sebagian ilmu pengetahuan saat ini yang menjauh dari nilai-nilai Islam dan menimbulkan kerusakan pada diri dan kehidupan umat. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan upaya untuk mengembalikan pola pikir umat pada jalan yang lurus. Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui islamisasi ilmu pengetahuan, salah satunya terhadap psikologi.
  Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari jiwa dan perilaku manusia memiliki pengaruh yang sangat besar bagi umat Islam. Konsep dan aplikasi psikologi yang tidak sesuai dengan Islam tentu akan menimbulkan pengaruh buruk. Psikologi Islam/i adalah psikologi yang berlandaskan Islam dan bersumber pada Al Quran dan As Sunnah yang merupakan pedoman hidup umat. Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari jiwa dan perilaku manusia dengan berbagai dimensi kemanusiaan dan potensinya, membutuhkan falsafah dan nilai-nilai yang sesuai dengan apa yang Allah SAW syariatkan kepada manusia. Hal tersebut penting dalam rangka mencapai kehidupan manusia yang paripurna, sebagai khalifah dan hamba Allah di bumi.
Upaya mengembangkan Psikologi Islam/i, baik konsep maupun aplikasinya, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah mahasiswa muslim psikologi. Untuk itu, dibentuklah organisasi-organisasi dan kelompok studi mahasiswa yang mengusung visi dan misi untuk mengembangkan Psikologi Islam/i. Lebih dari itu, dibentuk pulalah Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi Indonesia (IMAMUPSI) yang menaungi visi kita semua. Nah, bagaimana kabarnya? Let’s check it out!
Hari Baru dari Solo
(Liputan Musyawarah Nasional Luar Biasa IMAMUPSI by. Aftina)
Ada yang luar biasa pada tanggal 25 – 27 September 2010 lalu. Akhirnya, Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) IMAMUPSI yang direncanakan sejak tahun lalu berhasil dilaksanakan. Bertempat di Universitas Muhammadiyah Solo, acara ini dihadiri oleh 11 universitas, yaitu: UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), UGM (Universitas Gajah Mada), UII (Universitas Islam Indonesia), UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), Undip (Universitas Diponegoro), UI (Universitas Indonesia), UIN Malang, UNISBA (Universitas Islam Bandung), UIN Syarif Hidayatullah, UMS (Universitas Muhammadiyah Solo), dan UAD (Universitas Ahmad Dahlan). Dari acara tersebut, dibentuklah kesepakatan untuk membangkitkan kembali IMAMUPSI yang selama tiga tahun terakhir tertidur.
Acara hari pertama diawali dengan Diskusi Nasional “Psikologi Islami dan Perannya dalam Islamisasi Ilmu” yang dibawakan oleh Pak Arif Rif’an (dosen UAD, pengasuh ponpes Lembaga Pendidikan Insani Jogja, Aktivis Islamisasi Ilmu INSIST) dan Pak Yadi (dosen UMS dan praktisi psikoterapi Islami). Di acara itu, diperkenalkan pula aktivis-aktivis IMAMUPSI dari kepengurusan sebelumnya. Pada malam hari, diadakan sesi diskusi tentang sejarah IMAMUPSI, perjalanan, suka duka, serta tantangannya di masa depan.
Acara hari kedua adalah musyawarah nasional untuk membahas AD/ ART, GBHO, dan pemilihan presidium nasional IMAMUPSI. Inilah saat di mana sikap kritis dan inisiatif untuk berubah dan memperbaiki keadaan. Perdebatan terkadang terasa sangat alot dan ada begitu banyak ide baru bertaburan. Sungguh melelahkan, pembahasan semua itu tidak selesai sampai dini hari pagi berikutnya.
Acara hari ketiga tidak kalah seru. Pemikiran dan tenaga kembali diperas setelah hampir semalaman tidak tidur. Dua agenda besar hari itu adalah pembahasan rencana strategi, sistem kaderisasi, dan keorganisasian, serta pemilihan lima orang presidium nasional yang mengepalai bidang Managerial, Komunikasi, Informasi, dan Data, Finansial, Research and Development, dan Jaringan. Akhirnya, IMAMUPSI Pusat punya pengurus baru yang dipimpin oleh Wahyu (UMM ’09), Gilang (UIN Malang ’08), Pipit (UNISBA ’08), Leily (UAD ’07), dan Wulan (UGM ’07).
Hari baru dimulai dari Solo. Setelah ini, perjuangan mengembangkan Psikologi Islam/i akan semakin menantang. Diperlukan komitmen dan usaha keras dari kita semua. Nah, mahasiswa muslim psikologi Undip… Kita siap berkontribusi dalam ini? BANGKIT MAHASISWA MUSLIM PSIKOLOGI INDONESIA!
***
Demikianlah cerita pendek tentang tiga hari yang panjang… Lelahnya sudah hilang, tetapi stres juga kalau mengingat ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Nah, siapa yang ingin berpartisipasi dalam agenda ini? Insya Allah, masa depan yang lebih baik akan ada di tangan kita.

2 thoughts on “Kabar dari Solo, Imamupsi 2010-2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s