Dilema Psikolog Muslim

Buku “Dilema Psikolog Muslim” adalah terjemahan dari “The Dilemma of Muslim Psychologists” karya Dr. Malik B. Badri (Pustaka Firdaus, 1993). Buku ini merupakan salah satu buku pegangan mahasiswa psikologi yang ingin mengembangkan Psikologi Islami.
Sifat buku ini, selain menjelaskan perihal ketidaksempurnaan dan kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh psikologi Barat menurut kacamata Islam, adalah juga memberikan motivasi bagi pelajar dan dosen psikologi untuk meluruskan psikologi yang ada dan mengembangkan psikologi yang Islami.
***
“The Dilemma of Muslim Psychologists” adalah buku karya Dr. Malik B. Badri yang isinya berupaya mempertanyakan kembali landasan filsafat, teori, dan praktik-praktik penerapan ilmu pengetahuan masa kini, terutama psikologi, yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Islam. Buku ini terbit pada tahun 1979, yaitu masa di mana Psikologi Islami belum terdengar dan didengar sama sekali oleh ilmuwan-ilmuwan psikologi dan psikolog muslim.
 
Buku ini ditulis lantaran kegalauan penulisnya terhadap perkembangan psikologi yang jauh dari nilai-nilai Islam, ternyata diamini begitu saja oleh ilmuwan psikologi dan psikolog muslim. Pak Badri memandang bahwa pendekatan psikologi Barat terhadap masalah kesehatan mental sangat tidak sehat karena tidak mengakui dimensi ruhaniah dan hubungan manusia dengan Allah yang sesungguhnya, terutama bagi masyarakat muslim, sangat penting sebagai pembentuk kepribadian dan kesehatan mentalnya. 
 
(Singkatnya, bagaimana bisa membantu mensejahterakan manusia jika ilmunya sendiri bermasalah? :D)
 
Fenomena psikologis dan perkembangan manusia tidak dapat dilihat tanpa memikirkan tentang hubungan manusia dan pencipta-Nya. Maka, dalam praktik psikologi pun juga demikian. Seorang ahli psikologi tidak mungkin akan menemukan cara yang benar untuk membantu manusia dalam menemukan tujuan hidup dan cara-cara hidup yang baik, jika ia mengeluarkan dimensi spiritual dari interaksi terapeutiknya.  Namun, itulah yang sesungguhnya terjadi.
Psikologi muslim seakan-akan hidup dengan dua kepribadian. Mereka berusaha memisahkan kehidupannya sebagai ahli psikologi dari dirinya yang seorang muslim sebagai dampak dari dianutnya psikologi yang memisahkan antara agama dan ilmu pengetahuan, bahkan tidak mengakui peran agama bagi kehidupan manusia.
Melalui buku ini, Pak Badri mengajak kita semua untuk mempertanyakan dan mengkritisi psikologi yang tidak mendasarkan dirinya pada Ketuhanan, agar psikologi Barat yang bersumber dari peradaban dan kebudayaannya tidak serta merta diterima begitu saja karena besarnya kemungkinan terjadi ketidaksesuaian bila diterapkan di negara-negara muslim.
 
Namun demikian, upaya pengkritisian ini bukan bertujuan membuang psikologi yang sudah ada. Ada sisi bermanfaat dan tidak bermanfaat dari Psikologi Barat. Ilmu yang bermanfaat dapat diambil dan dimanfaatkan, sedangkan yang tidak (karena tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam), ditinggalkan, diwaspadai, atau disesuaikan dengan nilai-nilai budaya dan ideologi Islam. Telaah ulang psikologi secara ilmiah dan Islami, tidak hanya dapat mendeteksi dan meluruskan teori-teori psikologi yang tidak Islam, tetapi juga menambah khazanah ilmu Psikologi Islami, karena sebagian teori yang ada ternyata memiliki dasar dalam ajaran Islam.
 
Telaah macam inilah yang menjadi kegiatan utama pengembangan Psikologi Islami saat ini. Berbagai upaya telah dilakukan dengan diterbitkannya banyak buku tentang Psikologi Islami, diadakannya penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya, serta pengajaran Psikologi Islami di bangku kuliah.
***
Mengenai isi bukunya… teman-teman bisa membacanya sendiri di DILEMA-PSIKOLOG-MUSLIM.
 
Nah, jika sudah tahu begini, bukankah kita memang perlu belajar tentang Psikologi Islami agar jangan sampai psikologi yang kita pelajari malah mencelakakan hidup kita lantaran teori-teorinya tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s