Tauhid sebagai Landasan Islamisasi Psikologi

Original post: http://aftinanurulhusna.multiply.com/journal/item/252/Seri-Psikologi-Islami-Bag.-13-2-Tauhid-sebagai-Landasan-Islamisasi-Psikologi

May 11, ’11 12:49 AM

Tulisan ini adalah lanjutan tulisan sebelumnya.
 
Sangat membutuhkan masukan, kritik, dan saran untuk tulisan kali ini jika ada kekuranglengkapan atau kesalahan. Topik tentang tauhid, apalagi jika dihubungkan dengan islamisasi psikologi, aku benar-benar belum mengerti betul dan hanya berusaha menyimpulkan dari apa yang selama ini kupelajari dari membaca dan bertanya kepada orang yang lebih tahu. 
 
***

Tauhid sebagai Landasan Islamisasi Ilmu

Islamisasi ilmu pengetahuan pada hakikatnya ingin menghubungkan kembali ilmu pengetahuan dan agama dalam visi modern dan memandang ilmu pengetahuan sebagai upaya manusia untuk membuka rahasia-rahasia sunatullah yang semuanya disadari oleh kesadaran bahwa agama dan ilmu pengetahuan merupakan Karunia Allah kepada manusia.

 Tauhid adalah inti ajaran Islam sehingga islamisasi ilmu tidak memiliki cara lain kecuali diawali dari akidah tauhid (mengesakan Allah) yang benar. Makna dari memahaminya adalah mengakui bahwa:

1. Tuhan itu ada dan Dia-lah Allah.

2. Allah itu Esa dalam Dzat (tak ada Tuhan lebih dari satu dan tak ada sekutu baginya), sifat (tak ada dzat lain yang memiliki sifat-sifat ketuhanan yang sempurna), maupun perbuatan-Nya (tak seorang pun dapat melakukan perbuatan seperti yang dilakukan Allah).

3. Allah menurunkan agama yang benar, yaitu Islam, sebagai pedoman hidup manusia.

Berdasarkan pemahaman tersebut kita mengetahui bahwa Allah adalah Rabb bagi semesta alam dan sumber kebenaran. Allah-lah yang paling tahu apa yang baik dan benar bagi manusia. Maka, ilmu pengetahuan bersumber dari Allah semata, yaitu yang diperoleh berdasarkan tuntunan Allah melalui wahyu (Al Quran) dan tanda-tanda kebesaran Allah yang ada di alam semesta. Ajaran tauhid mendorong agar manusia terus belajar untuk mendapatkan pengetahuan dan dalam prosesnya kita tetap memegang prinsip dan nilai-nilai Islam yang menjadi pedoman mengembangkan ilmu pengetahuan.

Islamisasi Psikologi

Islamisasi ilmu pengetahuan dilakukan untuk memperbaiki hubungan antara iman dan ilmu dengan membebaskannya dari paham sekular dan anti-Tuhan. Islamisasi ilmu pengetahuan memiliki tujuan yang besar, yaitu menjadikan ajaran Islam hidup dalam setiap bidang kehidupan.

Terkait dengan ilmu psikologi, maka kita perlu memutuskan penjelasan dan penyelesaian atas perilaku manusia dan masalahnya berdasarkan teori-teori psikologi yang telah ada dan Al Quran. Islamisasi psikologi berupaya meluruskan dan mengoreksi teori dan praktik psikologi yang melenceng dari kebenaran dan/atau yang mencampuradukkan antara yang benar dengan yang tidak benar dalam psikologi.

Perlu dicermati bahwa teori-teori psikologi yang ada saat ini, yang dipelajari di bangku kuliah, bersumber dari pemikiran dan penelitian ilmuwan-ilmuwan yang memiliki cara pandang berbeda dari Islam. Cara pandang yang berbeda tersebut cederung menelurkan teori-teori yang bertentangan dengan prinsip Islam dan fitrah manusia yang ditetapkan oleh Allah.

Produk yang melenceng tersebut dapat berupa penggunaan teori-teori psikologi yang memandang manusia secara tidak pada tempatnya, penggeneralisasian yang tidak tepat dari penemuan yang bersumber dari penelitian perilaku hewan atau dari kelompok manusia tertentu, penafikan ruh dan dorongan spiritual dalam diri manusia, penggunaan pendekatan terhadap permasalahan kejiwaan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, dan sebagainya.

Psikologi yang demikian tidak dapat begitu saja diterapkan dalam masyarakat Islam tanpa dievaluasi terlebih dahulu. Di sinilah peran Psikologi Islami agar psikologi yang diterapkan sesuai dengan fitrah manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s