“Pendidikan yang Merakyat”

Memperingati hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2012, mari bangun pendidikan yang merakyat!

***
Tulisan Mohammad  Abduhzen yang berjudul Pendidikan yang Merakyat (Kompas, 2 Mei 2012, h. 6) sangat menarik. Ia menjembatani kita untuk bersua dengan setitik pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) yang hari lahirnya diperingati sebagai hari pendidikan nasional.

“KHD, selain memperkenalkan metode among (ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani) dalam proses pembelajaran, sangat menekankan pendidikan sebagai jalan untuk memperbaiki nasib rakyat.

Pada Kongres I Taman Siswa di Yogyakarta, 20 Oktober 1923, KHD menyampaikan dua gagasan pokok sebagai bagian dari tujuh asas Taman Siswa, yaitu pendidikan berasas pada kebudayaan sendiri dan pendidikan yang merakyat.

Pendidikan dan pengajaran, menurut KHD, harus mengena pada rakyat secara luas dan tidak boleh memisahkan orang-orang terpelajar dari penghidupan rakyat senyatanya. Untuk itu, pendidikan nasional mesti diselenggarakan selaras dengan kodrat bangsa. Hanya dengan cara itu ketertinggalan masyarakat pribumi dapat dihilangkan dan kedamaian dalam kehidupan bersama dapat diwujudkan.

KHD sangat kecewa menyaksikan sistem pendidikan dan cara pengajaran yang dijalankan oleh Pemerintah Hindia Belanda. … ia mengkritik pelaksanaan pendidikan dan pengajaran pemerintah yang terlampau menekankan aspek keterampilan dan intelektualisme yang berorientasi pada kepentingan Barat.

Pendidikan yang demikian akan menggerus nilai-nilai spiritualitas (budaya) dan tidak akan dapat mengangkat derajat masyarakat pribumi, bahkan semakin menenggelamkannya sebagai budak bangsa lain. Padahal, pendidikan … seharusnya menjadi upaya pembudayaan serta jalan menuju penghidupan baru yang lebih sejahtera dan mandiri.”

Dengan itu, ia mengingatkan kita semua akan satu hal yang seharusnya menjadi prinsip penyelenggaraan pendidikan bagi rakyat bahwa pendidikan tidak semestinya diceraikan dengan kodrat, keadaan dan kebutuhan nyata rakyat.

***

PS: tulisan ini dimaksudkan untuk dijadikan ingatan, terutama bagiku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s