I love life, life loves me: HAPPY 3th ANNIVERSARY

Selamat ulang tahun yang ketiga!

Seharusnya tulisan ini kubuat beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 21 Oktober. Sayangnya, waktu itu aku tidak sempat. Pertama, aku sedang mati-matian memindahkan konten blog lamaku ke tempat ini. Pekerjaan yang menguras waktu dan tenaga, terutama setelah sadar ada berpuluh-puluh halaman! Kedua, aku wisuda😀 Sedikit waktu di rumah untuk duduk tenang tanpa diinterupsi berbagai kegiatan persiapan. Menyenangkan.

Secara resmi, sudah tiga tahun aku menjadi blogger dengan akun aftinanurulhusna, tetapi sebenarnya aku sudah empat tahun menulis. Bersama dengan migrasi besar-besaran multiply ke wordpress, aku juga memigrasikan konten blog pertamaku di blogspot.com yang bertahun-tahun aku tinggal, tidak ku-update karena kepincut multiply.com. Jadi membaca tulisan-tulisan pertamaku sebagai mahasiswa psikologi. Merasakan perubahannya, gaya bahasa dan efisiensinya. Tersenyum, dulu aku seperti itu…🙂 dan sekarang mau bilang, alhamdulillah aku bertahan tetap menulis.

Masa mahasiswa benar-benar masa yang penuh inspirasi untuk menulis. Pengalaman bersama teman, berorganisasi atau berpergian entah ke mana bersama-sama, pengalaman kuliah dan segala tugasnya… semua menjadi cerita dan sumber hikmah yang selalu bisa dituliskan. Waktu itu, jadi senang belajar, serius kuliah dan mencatat karena semua yang didapat dari ruang kelas bisa dibagikan dalam bentuk artikel dalam blog. Tidak terhitung berapa banyak orang yang membaca, bukan? Setiap kali ada yang membaca, rasanya senang bukan main. Begitulah dinamikanya…

Di blog yang baru ini, sedikit banyak aku memulai beberapa hal dari awal lagi. Teman-teman kembali “nol”. Lepas jadi mahasiswa dan memulai judul yang baru bagi kehidupan, cerita pun kembali “nol”. Tapi akhirnya, aku belajar sesuatu tentang bagaimana kekosongan dalam hidup terjadi. Kekosongan hidup, bukan karena kau tidak melakukan apa-apa (karena semua yang hidup pasti melakukan sesuatu), tetapi karena kau tidak melakukan sesuatu yang membawa pertambahan, manfaat.

Menulis bagiku tandaku melakukan sesuatu yang membawa pertambahan. Jika aku tidak menulis, berarti hidupku sedang kosong, boleh disimpulkan seperti itu. Jika banyak yang aku tulis, berarti sedang begitu dinamis kehidupanku. Di tahun yang ketiga ini, semoga bisa sampai di tahun yang keempat dengan tulisan-tulisan yang lebih berkualitas, bervariasi dalam topik dan bermanfaat bagi banyak orang. Insya Allah… ^^

Leave a Reply

