Makoto Shinkai’s Movies

Lama tidak menonton film animasi, aku menghabiskan waktu luang di hari libur ini dengan menonton beberapa film animasi. Awalnya hanya mencoba sebuah judul yang aku tahu dari versi manga-nya, yaitu “Byousoku 5 Centimeter”, aku kemudian masuk dalam dunia Makoto Shinkai sang sutradara. Senang mengetahui bahwa ia telah membuat beberapa film animasi dengan begitu unik. Terlihat klasik di layar, tetapi sangat menyentuh bagaimana ia menggambarkan setiap scene-nya, terutama yang dilatarbelakangi langit luas.

 

Byousoku 5 Centimeter

5 Centimeters Per Second poster.jpg

 

Voices of A Distance Star

200517l002-210.jpg

Di sini aku belajar bahwa to become an adult, pain is necessary too…

 

The Place Promised in Our Early Days

Kumo no mukou.jpg

 

She and Her Cat

She and her cat.jpg

Durasi film ini hanya lima menit!

 

Children Who Chase Lost Voices

 

Aku berharap semoga film-film ini diputar di Indonesia. Bosan dengan Doraemon yang setiap Sabtu diputar di pagi hari atau film-film animasi lain yang mengalami nasib serupa (diputar berulang kali). Aku mencermati alur cerita dan pesannya yang begitu sederhana, tetapi dieksplorasi begitu mendalam entah lewat background music-nya, kalimat-kalimat yang mengekspresikan betul emosi tokoh-tokohnya, atau seni animasinya sendiri yang realistik. Selamat mencoba teman-teman, bagi siapa saja yang suka ^^

Di akhir menonton film-film itu, aku menyadari kembali tentang apa yang membuatku senang belajar psikologi. Singkat sekali, aku ingin membuat cerita. Aku belajar karena ingin membuat cerita.

Leave a Reply

