Gitar dan Iritasi Sendi Ibu Jari

Bermusik atau belajar memainkan musik rupanya tidak hanya perkara kau senang, kau bersemangat, kau berusaha keras untuk menguasai instrumen musik, dalam hal ini adalah gitar. Namanya kegiatan yang butuh kekuatan fisik, tentu saja menghabiskan banyak daya fisik yang lumayan… dan kemungkinan terburuknya, kau bisa sakit karenanya. Bukan sakit yang membahayakan nyawa, tetapi kalau diabaikan, bisa-bisa kau kehilangan kemampuan bermain musik untuk selamanya! Itulah sebabnya kau harus berhati-hati dan jangan berlatih terlalu eksesif.

Aku berpikir seperti itu setelah didiagnosis dokter saraf terkena iritasi sendi waktu aku memeriksakan sendi ibu jari tangan kiriku yang “aneh”; luar biasa sakit sampai tidak bisa digerakkan sama sekali, tidak bisa dibuat memegang apa-apa, termasuk stang sepeda motor…

Selama satu minggu sebelumnya, aku merasakan rasa nyeri ringan tapi menusuk setiap kali jempolku ditekuk ke arah dalam sampai akhirnya tidak sanggup kutekuk-tekuk lagi. Semula aku biarkan saja dengan harapan akan sembuh sendiri dan berusaha meredakan sakitnya dengan salep analgesik. Aku masih bertahan ingin membiarkannya saja sampai kecelakaan kecil terjadi di rumah ketika aku bermain dengan adikku. Tidak sengaja ibu jariku tersenggol (tertekuk ke arah dalam, tepatnya) dan aku dengar bunyi “krek” mengerikan >_< Perkembangan yang jauh lebih buruk pun terjadi, memaksaku harus bertemu dokter.

Beberapa orang menyarankan alternatif pengobatan dengan diurut karena dugaan ibu jariku terkilir, hanya saja aku kira tidak. Aku memahami riwayatnya, semua bermula dari latihan gitarku. Ibu jari kiri adalah bagian tubuh terpenting dalam memainkan gitar karena tangan kiri pasti dipakai untuk memegang leher gitar dan menekan senar/fret. Selama tiga minggu terakhir, latihanku memang nonstop bisa satu sampai tiga jam sehari tanpa istirahat. Pada intinya, aku menggunakan ibu jariku secara berlebihan; sendi ibu jari tertekan terus-menerus sampai mengalami radang/iritasi dan bengkak.

Dokter tidak bilang apa nama penyakit sendi ini, tetapi setelah aku cari di internet, mungkin inilah yang dinamakan sindrom De Quervain. Untuk meredakan nyerinya, aku menerima injeksi kortikosteroid di bagian sendi ibu jari dan minum obat sampai hari ini. Aku bersyukur ini cepat teratasi karena yang terparah dari penyakit ini adalah jika tendonku sobek sehingga penyembuhan tidak bisa tidak harus melalui prosedur operasi. Aku bisa tidak dapat pegang gitar berbulan-bulan lamanya! Aku bersyukur lagi tidak memilih opsi pengurutan karena ini jelas bukan terkilir. Bisa-bisa sakitnya tambah parah karena salah metode penyembuhan!

Hari ini… aku masih menahan diri dari menyentuh gitarku. Hahh… padahal masih ada PR yang belum selesai.

***

Sekilas tentang Sindrom De Quervain

Dikenal juga sebagai gamer’s thumb, washerwoman’s sprain, radial styloid tenosynovitis, de Quervain disease, de Quervain’s tenosynovitis, de Quervain’s stenosing tenosynovitis, mother’s wrist, atau mommy thumb, merupakan suatu tenosinovitis (peradangan) dari terowongan (tunnel)  yang mengitari dua tendon yang mengontrol pergerakan ibu jari.

Penyebabnya adalah gerakan yang berulang-ulang pada tangan dan pergelangan tangan seperti menggenggam, mencubit/menjimpit, menekan atau memeras. Peradangan ini bisa menyebabkan pembengkakan yang mengakibatkan gerakan tendon pada terowonggan ini menjadi terhambat.

Tes Finklestein merupakan salah satu cara yang terbaik untuk menegakkan diagnosa, apakah betul terkena sindrom ini atau tidak. Genggamlah ibu jari kemudian gerakkan ke samping dalam. Jika dirasakan nyeri yang sangat pada tendon sampai ke ibu jari, maka positif anda menderita de Quervain’s tenosynovitis.

Kalau benar mengalami sakit ini, sebaiknya segera ke dokter. Istirahatkan tangan sampai nyeri benar-benar hilang😀 Selamat berjuang semuanya!

Leave a Reply

