Prof Zakiah Wafat, MUI: Kita Kehilangan Pelopor Psikologi Islam

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/01/15/mgnxyj-prof-zakiah-wafat-mui-kita-kehilangan-pelopor-psikologi-islam

Selasa, 15 Januari 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Amidhan, mengaku kehilangan tokoh pendidikan Islam Indonesia, Prof Zakiah Daradjat yang wafat hari ini, Selasa (15/1) pukul 09.00 WIB.

Pasalnya, Zakiah adalah salah satu anak emas dunia pendidikan Islam. Sosok Zakiah dikenal sebagai tokoh pendidikan Islam perempuan di Indonesia.

Bagi KH Amidhan, Zakiah Daradjat bukan hanya tokoh pendidikan Islam, namun pelopor bagi psikologi Islam di Indonesia.

“Bu Zakiah itu tokoh dan pelopor Psikologi Islam,” kata Amidhan pada ROL, Selasa (15/1).

Amidhan menjelaskan meninggalnya Zakiah Daradjat, Indonesia kehilangan tokoh perempuan pendidik yang luar biasa. Sebab, sebagai seorang perempuan, begitu lulus dari pendidikan Doktoral di Mesir, sosoknya langsung masuk dalam kancah pendidikan nasional.

Bahkan, Zakiah sangat berjasa dalam penyusunan kurikulum agama di masanya yang lebih mengedepankan pendidikan langsung bukan hanya teori.

Amidhan menuturkan Guru Besar UIN Jakarta itu juga yang menjadi penyusun buku tentang tuntunan menerima musibah bagi umat muslim, saat tsunami menerjang Aceh. Bersama tim lainnya, Zakiah mengajarkan, bagaimana seorang muslim harus bersikap saat menghadapi musibah.

Bagi Amidhan pribadi, sosok Zakiah bukan hanya senior, namun juga seorang guru dan dosen sekaligus. Menurutnya, Zakiah adalah perempuan yang sangat menyukai membaca. Bahkan, dapat dikatakan, Zakiah adalah seorang kutu buku.

“Orangnya tidak pernah marah, mungkin karena ahli psikologi,” kata Amidhan.

Kalau merasa kecewa, tambah dia, Zakiah juga dapat marah. Namun, marah beliau disikapi dengan bagaimana agar yang berbuat kesalahan menyadari kesalahannya.

Guru besar UIN Jakarta itu tutup usia saat dirawat di RS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada usia 83 tahun.

***

Sebelum aku mengenal siapapun yang berkecimpung dalam psikologi Islami, ibu Zakiah Daradjat sudah menjadi tokoh yang aku teladani. Sebelum aku tahu bahwa psikologi Islami itu ada, aku sudah membeli buku beliau yang berjudul “Islam dan Kesehatan Mental” (lagi-lagi kudapat dari pasar buku-buku bekas…). Beliau orang pertama yang mengenalkanku bahwa Islami itu sangat psikologis.

Aku berusaha mengenalkan beliau pada teman-teman di kampus lewat acara EXPO UPK ketika aku menjadi ketua departemen litbang (aku agak lupa…) Aku membuat mading yang salah satu isinya memuat tentang biografi beliau. Sayang, datanya hilang sudah. Saat itu aku hanya menyayangkan bahwa kami yang ada di kelompok studi pengembangan psikologi Islami tidak kenal ibu Zakiah. Bahkan, dalam beberapa temu ilmiah psikologi Islami, ibu Zakiah tidak pernah disebut, padahal konsep yang dikenalkannya adalah psikologi yang islami, utamanya di bidang pendidikan.

Cita-citaku, sempat, adalah melihat beliau. Cita-citaku sampai saat ini adalah menjadi seperti beliau. Aku akan mencatat beliau sebagai pelopor psikologi Islami. Suatu hari aku akan menulis buku tentang Para Pelopor Psikologi Islami, beliau akan ada di dalamnya. Semoga amal saleh beliau diterima Allah Swt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s