Cinta seperti apa yang harus diperjuangkan manusia?

Cinta seperti apa yang harus diperjuangkan manusia?

Kahlil Gibran (1883-1932): “Cinta ‘yang membunuh ego diri’.” Lalu dia pun bersyair:

Sesudah jiwaku menasihatiku
Aku sadar dosamu adalah dosaku
Deritamu adalah deritaku
Bahagiamu adalah bahagiaku

Jalaluddin Rumi (1207-1273): “Cinta yang bukan sekedar permadani bumi.”

Aku bukanlah orang Nasrani
Aku bukanlah orang Yahudi
Aku bukanlah orang Majusi
Aku bukanlah orang Islam

Keluarlah, lampaui gagasan sempitmu tentang benar dan salah
sehingga kita dapat bertemu pada Suatu Ruang Murni
tanpa dibatasi prasangka atau pikiran yang gelisah

Leave a Reply

